Menteri ESDM : “Pemimpin Harus Bisa Memberi Contoh”

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan melantik sebanyak 25 orang Pejabat di lingkungan Kementerian ESDM  dan SKK Migas di Gedung Sekretariat Jenderal KESDM, Selasa (28/2).

Pimpinan Tinggi Pratama di BPSDM ESDM yang dilantik adalah Dr. R. Edi Prasodjo, M.Sc, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan pada Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional, saat ini menjabat sebagai Kepala PPSDM Geologi, Mineral dan Batubara.

Sedangkan dua orang Pimpinan Tinggi Pratama yang dirotasi ke unit eselon I lain adalah :

1.      Ir.Bambang Susigit,M.T yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala PPSDM Geologi,Mineral dan Batubara BPSDM ESDM, saat ini menjabat sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral pada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.

2.      Agus Salim, S.H.,M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala PPSDM Aparatur BPSDM ESDM, saat ini menjadi Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sekretariat Jenderal DEN.

Menteri ESDM mengatakan kepada seluruh pejabat yang dilantik bahwa sebagai pemimpin bukanlah tugas ringan, hal yang paling gampang dilakukan adalah dengan memberikan contoh. “Jadi pemimpin, paling gampang ya memberi contoh. Kepemimpinan itu 50% bakat, 50% perjalanan hidup,” ujarnya.  Hal lain yang tak kalah penting dilakukan seorang pemimpin adalah melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, bukan hanya dirinya sendiri. (rwp)