BPSDM ESDM Menyelenggarakan Sosialisasi E-learning di Lingkungan KESDM

 

JAKARTA – BPSDM ESDM menyelenggarakan Sosialisasi e-learning untuk pegawai khususnya Widyaiswara, dosen dan penyelenggara pendidikan di lingkungan Kementerian ESDM, di Gedung BPSDM ESDM, Rabu (1/3).

Djadjang Sukarna, Kepala BPSDM ESDM membuka kegiatan tersebut didampingi oleh Zainal Arifin, Sekretaris BPSDM ESDM. Menurut Kepala BPSDM ESDM e-learning merupakan kegiatan penting dan strategis sehingga harus dilakukan dengan efektif dan efisien dengan akuntabilitas yang tinggi. “Ini adalah tantangan, melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan seefektif mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Kegiatan diklat yang dilakukan dengan metode e-learning merupakan sebuah terobosan untuk menjaring peserta diklat dari berbagai wilayah Indonesia. Kondisi geografis Indonesia yang sangat luas dan tersebar memang menjadi kendala tersendiiri, jika menerapkan e-learning maka hal tersebut bisa teratasi. Selain itu, program diklat yang diajarkan memerlukan waktu yang banyak, dengan e-learning, peserta diklat bisa terlebih dahulu membaca materi diklat untuk kemudian didiskusikan ketika kelas berlangsung. “Jika peserta memahami materi yang disampaikan, kelas akan berjalan lebih efektif dan hidup,” kata Djadjang.

Sosialisasi menghadirkan narasumber antara lain Slamet Sutianato, Kepala Bidang Program dan Umum serta Erfan Noor Yulian, Kepala Subbidang Perencanaan dan Pengembangan E-learning dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berbagi informasi mengenai sistem e-learning di KLH. Narsumber ketiga yaitu  Sri Endah Mulyani dari LAN menjelaskan informasi terkait angka kredit yang bisa didapatkan Widyaiswara jiha menggunakan e-learning dalam pengajaran mereka. (rwp)